Selasa, 14 Agustus 2012

SEJARAH TIMOR LESTE



Timor, Timor Portugis, Timor Timur, dan Timor Leste: 
Apakah Sejarahmu?

Dulu, aku mengetahui tentang wilayah yang sekarang aku huni ini dari pelajaran PSPB—Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa---ketika masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Saat itu, guruku menjelaskan bahwa Timor Timur adalah bagian wialayah Nusantara yang dijajah oleh Bangsa Portugis. Memasuki bangku Sekolah Menengah Tingkat Pertama, kembali aku mendapatkan materi soal sejarah Timor Timur. Pengetahuanku soal negeri ini berhenti, manakala aku memasuki bangku STM---Sekolah Teknologi Menengah di sebuah kabupaten, di mana Ronggolawe dilahirkan.
Tiga tahun, aku tidak mendapatkan kabar soal negeri yang konon tercipta dari penjelmaan Sang Buaya ini. Baru aku mulai mendengar kembali soal Timtim (sebutan popular pada saat itu), saat aku masuk Perguruan Tinggi. Seperti membalikkan telapak tangan, mendadak pengetahuan dan pemahaman soal Timtim berubah. Ternyata, tidak sebagaimana diajarkan oleh para guruku. Tentunya, bukan guru-guruku yang salah. Guru-guruku hanya mengikuti materi kurikulum yang orang lain yang membuatnya.
Sudah sepuluh tahun aku di Timtim, atau sekarang lebih popular dikenal ‘Timor Leste’, tapi masih ada ketidakpemahamanku soal TL. Hingga detik ini, sepanjang yang aku tahu, sejarah Timor Leste hanya dimulai---dan tulisan-tulisan yang ada---berkisar 24 tahun, tepatnya sejak dilancarkannya invasi militer Indonesia mulai tahun 1975 hingga 1999. Sebelum itu, tidak ada sejarah soal Timor Leste, jika pun ada maka bersifat romantisme terhadap ‘kejayaan’ Portugal, bukan kolonialisme yang dilakukan oleh Portugal.*

1 komentar:

  1. assalamualaikum wr, wb….!!! Sujud syukur saya ucapkan
    kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat berterimakasih
    banyak kepada (KI JOYO WIJOYO) atas bantuannya saya bisa
    menang togel dan nomor ghoib yaitu 4D yang diberikan KI
    alhamdulillah berhasil tembus.. karna sekarang ini
    kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya dan
    semua hutang2 saya sudah pada lunas semua,,!!!
    jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan
    bergabung dengan KI JOYO WIJOYO:
    Hubungi KI JOYO WIJOYO di No: 082 322 214 909 insya
    allah beliua akan menbantu kesusahan anda apalagi kalau
    anda terlilit hutang terima kasih….?? KARNA RASA HATI
    YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    BalasHapus