Selasa, 14 Agustus 2012

SEJARAH TIMOR LESTE



Timor, Timor Portugis, Timor Timur, dan Timor Leste: 
Apakah Sejarahmu?

Dulu, aku mengetahui tentang wilayah yang sekarang aku huni ini dari pelajaran PSPB—Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa---ketika masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Saat itu, guruku menjelaskan bahwa Timor Timur adalah bagian wialayah Nusantara yang dijajah oleh Bangsa Portugis. Memasuki bangku Sekolah Menengah Tingkat Pertama, kembali aku mendapatkan materi soal sejarah Timor Timur. Pengetahuanku soal negeri ini berhenti, manakala aku memasuki bangku STM---Sekolah Teknologi Menengah di sebuah kabupaten, di mana Ronggolawe dilahirkan.
Tiga tahun, aku tidak mendapatkan kabar soal negeri yang konon tercipta dari penjelmaan Sang Buaya ini. Baru aku mulai mendengar kembali soal Timtim (sebutan popular pada saat itu), saat aku masuk Perguruan Tinggi. Seperti membalikkan telapak tangan, mendadak pengetahuan dan pemahaman soal Timtim berubah. Ternyata, tidak sebagaimana diajarkan oleh para guruku. Tentunya, bukan guru-guruku yang salah. Guru-guruku hanya mengikuti materi kurikulum yang orang lain yang membuatnya.
Sudah sepuluh tahun aku di Timtim, atau sekarang lebih popular dikenal ‘Timor Leste’, tapi masih ada ketidakpemahamanku soal TL. Hingga detik ini, sepanjang yang aku tahu, sejarah Timor Leste hanya dimulai---dan tulisan-tulisan yang ada---berkisar 24 tahun, tepatnya sejak dilancarkannya invasi militer Indonesia mulai tahun 1975 hingga 1999. Sebelum itu, tidak ada sejarah soal Timor Leste, jika pun ada maka bersifat romantisme terhadap ‘kejayaan’ Portugal, bukan kolonialisme yang dilakukan oleh Portugal.*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar